Home > weleh weleh > Cicak-ku merayap

Cicak-ku merayap


cicak cicak di dinding diam-diam merayap
datang seekor nyamuk
hap….lalu di tangkap

.
binatang apa sih cicak ini, dalam bahasa inggrisnya cicak disebut gecko (inget mozilla pasti tahulah gecko)
Cecak atau cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Cecak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae.

koq di indonesia namanya cicak???? coba kamu malam2 dengerin suara cicak… suaranya gimana??? cak cak cak…. cak cak cak…. untuk orang indonesia kadang-kadang menyebut nama binatang dari bunyi, warna, bentuk dan pokoknya gampang aja
jadi yang namanya gecko itu menjadi cicak setelah masuk ke Indonesia

menurut wikipedia, cicak ada 3 jenis yang sering kita temui:
1. Cecak tembok (Latin Cosymbotus platyurus), yang kerap ditemui di tembok-tembok rumah dan sela-sela atap. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya. Bila diamati di tangan, dari sisi bawah akan terlihat adanya lipatan kulit agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki.
800px-cosym_platy_050421_2447_ed-rsz.jpg

2. Cecak kayu (Hemidactylus frenatus), yang bertubuh lebih kurus. Ekornya bulat, dengan enam deret tonjolan kulit serupa duri, yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cecak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap. Terkadang didapati bersama cecak tembok di dinding luar rumah dekat lampu, namun umumnya kalah bersaing dalam memperoleh makanan.

cosym_platy_060412_4791_tdp.jpg

3. Cecak gula (Gehyra mutilata), bertubuh lebih kecil, dengan kepala membulat dan warna kulit transparan serupa daging. Cecak ini kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi dan lemari makan, mencari butir-butir nasi atau gula yang menjadi kesukaannya. Sering pula ditemukan tenggelam di gelas kopi kita.

tenggelam?? makanya jangan suka berenang, kasihan kan orang yang matanya udah rabun, bisa-bisa cicak berenang disangka ampas kopi

Makanan dan habitat
Cecak biasa memakan serangga dan terutama nyamuk. Biasanya cecak hidup di dinding-dinding dan di atap rumah. Di alam cecak biasanya hidup pada tempat-tempat teduh.

Cecak dalam kepercayaan
Menurut orang Bali, cecak adalah manifestasi dari Dewi Saraswati, yaitu dewi yang melindungi bicara dan tulisan. Menurut beberapa umat Muslim, cecak-cecak harus diberantas. Konon pada waktu Nabi Muhammad SAW dikejar oleh kaum musyrikin Arab, dan bersembunyi di gua Hiro, tiba-tiba ada cecak memberitahu mereka dengan bunyinya bahwa ada orang di dalam gua.

katanya…. ada juga bilang cicak itu penjelmaan dari dinosaurus… emang manusia aneh-aneh kalo di sambangin sama yang cerita jaman dulu

Categories: weleh weleh Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Please kindly Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: