Home > 808831, berita antara, euro2008 > Jerman Singkirkan Portugal Untuk Maju Ke Semifinal

Jerman Singkirkan Portugal Untuk Maju Ke Semifinal


SAKIT, portugal tim kesayangan saya kalah…. downstage ah… kacau habis…… kalau gitu tinggal belanda nih yang fave

Basel (ANTARA News) – Gelandang Jerman Bastian Schweinsteiger mencetak satu gol dan mengumpan bola untuk dua gol lainnya saat timnya menyingkirkan Portugal 3-2 pada perempatfinal Euro 2008, Kamis (Jumat dinihari WIB).

Dua gol pada pertengahan babak pertama dari Schweinsteiger dan Miroslav Klose membawa mereka ke puncak dan kapten Michael Ballack menambah keunggulan 3-1 saat pertandingan berjalan satu jam.

Striker Portugal Nuno Gomes sempat memperkecil selisih pada menit 40 dan pemain pengganti Helder Postiga kembali menipiskan skor menjadi 3-2 pada menit-menit akhir pertandingan tetapi Jerman bisa bertahan.

Pada semifinal yang berlangsung di Basel, Rabu (25/6), Jerman akan menghadapi pemenang pertandingan antara Kroasia dan Turki yang berlangsung Jumat (20/6).

“Saya sangat gembira kami bisa menang,” kata Schweinsteiger.

“Kami masuk empat besar dan kami mengalahkan tim yang di mata saya adalah yang terbaik. Kami menunjukkan kami bisa bermain sepak bola, kami bisa bertarung dan nasib Jerman masih berlanjut,” tuturnya.

Pelatih Jerman Joachim Loew hanya bisa ikut bersorak dari tribun setelah dilarang masuk lapangan untuk satu pertandingan karena terlibat adu mulut dengan ofisial pertandingan pada laga terakhir di Grup B.

“Kami menunjukkan keberanian hari ini, menerapkan kombinasi permainan yang bagus, bergerak dengan baik tanpa bola,” kata Loew, yang menambahkan bahwa terasa sangat menegangkan duduk jauh dari lapangan.

Sementara itu pelatih Portugal Luiz Felipe Scolari, yang melatih untuk terakhir kalinya sebelum pindah ke Chelsea, menambahkan, “Saya pergi dengan penuh kesadaran. Saya selalu melakukan yang terbaik, begitupula hari ini.”

“Saya berusaha yang terbaik dan berharap para pemain pun begitu,” sambungnya.

Dua gol Jerman berawal dari tendangan bebas yang menunjukkan lemahnya penjagaan di lini belakang Portugal serta gagalnya kiper Ricardo mengantisipasi bola-bola atas.

Gol pertama Jerman terjadi pada menit ke-22 melalui serangan hebat dari sayap kiri. Ballack melepas umpan terobosan yang dikejar Lukas Podolski dan ia mengoper bola mendatar ke kotak penalti lalu diteruskan Schweinsteiger ke gawang Portugal.

Empat menit kemudian Armando Petit melanggar Christoph Metzelder sekitar 40 meter dari gawang. Schweinsteiger mengambil tendangan bebas dan mengirim umpan lambung ke arah tiang jauh di mana Klose berhasil lolos dari jebakan offside untuk menjebol gawang Ricardo.

Portugal, yang dua kali berpeluang unggul lebih dulu, membuka harapan lima menit sebelum babak pertama usai ketika Deco mengawali serangan balik dengan mengirim umpan jauh kepada Simao Sabrosa.

Cristiano Ronaldo kemudian menerima umpan dari Simao tetapi bola tendangannya masih bisa diblok kiper Jens Lehmann, tetapi bola bergulir ke arah Nuno Gomes yang langsung menghantamnya ke gawang dan tidak bisa dicegah Metzelder.

Ballack menambah keunggulan Jerman pada menit ke-61 itu dan proses terjadinya gol itu sama persis dengan gol kedua. Schwensteiger melepas tendangan bebas melengkung ke kotak penalti Portugal dan Ballack berhasil lompat lebih tinggi dari bek Paulo Ferreira untuk menyundul bola menembus gawang.

Tertinggal 1-3 pasukan Luiz Felipe Scolari semakin gencar melakukan serangan dan pada menit ke-87 pemain pengganti Helder Postiga berhasil memperkecil selisih 2-3 melalui sundulannya.

Namun gol Postiga tersebut datang terlambat dan Jerman tak terkejar hingga wasit menyudahi pertandingan, demikian reuters.(*)

  1. June 20, 2008 at 7:48 am

    Sedih deh gara-gara Portugal kalah.

  2. June 23, 2008 at 2:29 am

    sedih banget pak, saya saja sampai stress. ditambah lagi Belanda kalah sama rusia…. ambooo hancur hatiku

  1. No trackbacks yet.

Please kindly Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: