Home > 808831, berita antara > Pemerintah Akan Kaji Pembatasan Kendaraan, Kata Wapres

Pemerintah Akan Kaji Pembatasan Kendaraan, Kata Wapres


Palembang (ANTARA News) – Wakil Presiden Jusuf kalla mengatakan pemerintah sedang mengkaji kemungkinan adanya aturan untuk membatasi laju pertumbuhan kendaraan bermotor guna menghemat energi dan kurangi subsidi.

“Ada beberap opsi yang dipertimbangkan karena pilihannya ada dua, naikkan BBM atau pengurangan jumlah kendaraan,” kata Wapres Kalla di Palembang, Minggu.

Sebelumnya dalam pidato saat membuka dialog nasional Hipmi yang bertemakan “Ketahanan pangan dan energi Indonesia” Wapres menyebutkan saat ini terjadi pertumbuhan produksi kendaraan bermotor yang mencapai 46 persen/tahun.

Karena itu, tambahnya pemerintah sedang memikirkan bagaimana caranya bisa mengurangi laju pertumbuhan kendaraan bermotor tersebut.

“Mungkin kita perlu batasi agar orang tidak terlalu mudah beli mobil tanpa memperhitungkan infrastruktur jalan dan sebagainya,” kata Wapres.

Wapres melontarkan kemungkinan opsi menaikan pajak kendaraan bermotor yang hal itu juga telah dilakukan di seluruh dunia. Menurut Wapres, hampir semua negara memberlakukan pajak kendaraan yang tinggi.

Namun Wapres menambahkan bahwa kewenangan penentuan pajak kendaraan bermotor ada di pemerintah daerah (pemda).

“Tapi ingat pajak kendaraan itu ada di pemda. Dan ini (kenaikan pajak) untuk kendaraan pribadi saja, kendaraan umum tidak. Tapi itu masih dikaji,” kata Wapres.

Wapres menjelaskan untuk setiap kendaraan bermotor yang bergerak maka negara memberikan subsidi BBM sebesar sekitar Rp5000 per liter BBM yang digunakannya. Jadi, tambahnya jika dalam satu hari menggunakan BBM sebesar 20 liter maka negara mensubsidi sebesar Rp100 ribu.(*)

Categories: 808831, berita antara Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Please kindly Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: